Festival Musim Gugur (Hanzi tradisional: 中秋節; bahasa Tionghoa: 中秋节; Pinyin: Zhongqiu Jie; Hokkien=Tiong ciu) atau juga dikenal dengan nama Festival Kue Bulan merupakan hari raya panen dan salah satu festival terpenting di Republik Rakyat Cina. Dirayakan pada hari ke lima belas bulan delapan Kalender Tionghoa. Biasanya jatuh pada minggu kedua September sampai minggu kedua Oktober.

Zhongqiujie juga disebut sebagai “秋节”(qiu jie)、“八月节”(ba yue jie)、“八月会”(ba yue hui);zhongqiujie juga merupakan sebuah hari dimana satu keluarga berkumpul bersama, oleh karena itu disebut sebagai “团圆节”(tuan yuan jie)、“女儿节”(nv er jie). Pada saat dinasti tang, zhongqiujie disebut sebagai “端正月”dan dijadikan hari besar.

Zhongqiujie berawal dari awal dinasti tang, berkembang pada saat dinasti song dan hingga dinasti ming dan qing. Hingga saat ini zhongqiujie telah menjadi sebuah festival yang penting bagi orang chinese di Asia. Masing-masing negara memiliki budaya masing-masing.

Pada hari ini, biasanya sekeluarga berkumpul bersama, duduk bersama di bawah sinar rembulan yang terang dan menikmati kue bulan yang lezat. Sinaran bulan pada tanggal itu adalah yang paling terang dibanding dengan hari-hari lain. Kemudian, Anak kecil akan bermain lentera bersama yang lain.

Kue bulan tradisional pada dasarnya berbentuk bulat, melambangkan kebulatan dan keutuhan. Namun seiring perkembangan zaman, bentuk-bentuk lainnya muncul menambah variasi dalam komersialisasi kue bulan.

Asal mula kue bulan / 月饼

Kue bulan bermula dari penganan sesajian pada persembahan dan penghormatan pada leluhur di musim gugur, yang biasanya merupakan masa panen yang dianggap penting dalam kebudayaan Tionghoa yang berbasis agrikultural.

Perkembangan zaman menjadikan kue bulan berevolusi dari sesajian khusus pertengahan musim gugur kepada penganan dan hadiah namun tetap terkait pada perayaan festival musim gugur tadi.

Beberapa legenda mengemukakan bahwa kue bulan berasal dari Dinasti Ming, yang dikaitkan dengan pemberontakan heroik Zhu Yuanzhang memimpin para petani Han melawan pemerintah Mongol. Namun sebenarnya, kue bulan telah ada tercatat dalam sejarah paling awal pada zaman Dinasti Song. Dari sini, kue bulan dipastikan telah populer dan eksis jauh sebelum Dinasti Ming berdiri.

Legenda Dewi Bulan /  嫦娥 Chang e

Festival Musim Gugur memiliki sebuah legenda, yaitu Legenda Dewi Bulan, Chang E.Dikisahkan di bumi muncul sepuluh matahari. Houyi, sang pemanah diutus ke bumi bersama istrinya Chang E untuk memanah sembilan matahari.Ia kemudian menjadi pahlawan yang dielu-elukan rakyat. Dewi khayangan turun dan memberikan obat panjang umur pada pasangan suami-istri itu. Karena terlampau dijunjung, Hou Yi akhirnya menjadi sombong. Istrinya menjadi sedih dan kemudian meneguk semua obat yang diberikan pada mereka. Akhirnya tubuhnya perlahan terangkat ke bulan dan menjadi Dewi Bulan.

Versi lain mengatakan bahwa rekan Hou Yi, Feng Meng iri akan pencapaian Hou Yi dan ingin mencuri obat panjang umur. Ia ingin mencurinya, tapi Chang E berhasil mencegahnya dan dengan segera menelan obat itu.